MUSLIMAH

Menuju Insan yang Shalihah

This is default featured post 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

MUTIARA DAKWAH

This is default featured post 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

1 Mei 2014

Kata-kata Mutiara Abu Ubaidah bin Al-Jarrah


Namanya Abu Ubaidah, Amir bin Abdullah Al-Jarrah Al-Fihri, Al-Qurasyi. Orang terpercaya umat ini. Ia adalah salah satu dari sepuluh orang yang diberi kabar gembira dengan surga.

Ia masuk Islam melalui tangan Abu Bakar Ash-Shidiq pada masa-masa awal dakwah Islam. Ia mempunyai beberapa keutamaan. Ia meninggal dunia karena penyakit tha’un, pada masa penyakit ini mewabah di Syam pada tahun 18 H. Saat itu ia berumur 85 tahun.
Semoga Allah meridhainya.

Berikut ini beberapa kata-kata mutiara yang diriwayatkan darinya, sebagaimana dituliskan oleh Shalih Ahmad Asy-Syam dalam kitabnya, Mawa’izhu Ash-Shahabah.

  • Aku Tahu Apa yang Engkau Butuhkan
Umar pernah menulis surat kepada Abu Ubaidah saat penyakit tha’un mewabah. Isi suratnya adalah, “Sesungguhnya aku sangat membutuhkan sesuatu dan aku tidak bisa penuhi tanpa keberadaanmu. Maka segeralah kemari.”

Setelah membaca surat dari Umar tersebut, Abu Ubaidah berkata, “Aku tahu apa yang diinginkan oleh Amirul Mikminin. Sesungguhnya ia menginginkan keberadaan orang yang tidak kekal.”

Lalu Abu Ubaidah membalas surat Umar dengan menulis, “Sesungguhnya aku mengerti apa yang engkau inginkan. Maka izinkanlah aku untuk tidak memenuhi permintaanmu karena saat ini aku adalah salah seorang dari pasukan muslimin. Dan aku tidak akan mementingkan diriku sendiri dan mengabaikan mereka.”

Setelah membaca surat Abu Ubaidah, Umar menangis. Lalu ada yang bertanya kepadanya, “Apakah Abu Ubaidah telah meninggal?”
Ia menjawab, “Tidak, tetapi seakan-akan ia telah tiada.

  • Kehancuran
“Kehancuran itu adalah: orang yang berbuat dosa, lalu ia tidak pernah melakukan satu kebaikan pun setelah itu, hingga ia meninggal.”

  • Buah Kebaikan
“Ketahuilah, sudah berapa banyak orang selalu membersihkan bajunya, namun menodai agamanya. Ketahuilah, sudah berapa banyak orang yang memuliakan dirinya sendiri, padahal ia justru menghinakannya.

Tutuplah keburukan-keburukan yang telah lalu dengan kebaikan-kebaikan yang baru. Seandainya salah seorang dari kalian melakukan keburukan hingga memenuhi apa yang ada di antara langit dan bumi, kemudian ia berbuat sebuah kebaikan, niscaya kebaikan itu akan lebih tinggi daripada keburukan-keburukannya hingga meleburnya.”

  • Bagian dari Kulitnya 
“Tidak seorang pun -baik berkulit hitam maupun merah, merdeka maupun sahaya (budak), orang Arab maupun bukan- yang aku tahu bahwa ia lebih tinggi ketakwaannya daripada aku, kecuali aku pasti lebih suka menjadi bagian dari kulitnya.”

  • Seperti Kertas
“Hati seorang mukmin itu bagaikan selembar kertas yang selalu berbolak-balik begini dan begitu setiap hari.”

  • Andaikan Aku
“Andaikan aku seekor kambing. Lalu pemilikku menyembelihku, kemudian mereka makna dagingku dan menyamak kulitku.”

(Maksudnya, lebih baik baik menjadi hewan yang mati disembelih tanpa menjalani tanggung jawab apapun setelahnya. Sedangkan menjadi manusia, setelah mati, ia masih harus mempertanggungjawabkan amal-amal perbuatannya di akhirat kelak)

  • Introspeksi Diri
Suatu ketika, Abu Ubaidah pernah mengimami (shalat) suatu kaum. Setelah selesai, ia berkata, “Setan masih saja menggangguku tadi, hingga ditampakkan kepadaku bahwa aku mempunyai kelebihan atas yang lain. Maka mulai saat ini aku tidak mau menjadi imam lagi selamanya.”

***
Referensi:
Shalih Ahmad Asy-Syami. Mawa’izu Ash-Shahabah. (Terjemahan: Untaian Hikmah Pelembut Jiwa. 1999. Sukoharjo: Penerbit Roemah Buku)

***
Sukrisno Santoso
Ditulis pada waktu sore, Kamis, 1 Mei 2014, di rumah, Kota Sukoharjo



0 komentar:

Posting Komentar

PROMO BUKU

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...