MUSLIMAH

Menuju Insan yang Shalihah

This is default featured post 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

MUTIARA DAKWAH

This is default featured post 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

1 April 2012

Bahaya Riya'


Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dengan sanadnya sampai Sufayi Al-Ashbahi bahwa ia masuk Madinah. Tiba-tiba ia mendapati seorang lelaki yang dikelilingi orang-orang. Ia bertanya, “Siapa ini?” Orang-orang menjawab, “Abu Hurairah.” 
Sufayi lalu mendekatinya sampai duduk di depannya, ia sedang menceramahi orang-orang. Ketika dia diam dan keadaan telah sepi, Sufayi berkata kepadanya, “Kuminta padamu dengan sungguh-sungguh hendaklah engkau katakana sebuah hadits yang kaudengar dari Rasulullah yang kaupikir dan kauajarkan.” Abu Hurairah berkata, “Baiklah, akan aku ceritakan padamu sebuah hadits yang Rasulullah yang mengatakannya padaku, aku pikir dan aku ajarkan,”

Kemudian Abu Hurairah tersedu-sedu, ia berhenti sebentar, lalu sadar kembali dan berkata, “Akan aku ceritakan kepadamu sebuah hadits yang Rasulullah yang mengatakannya padaku di rumah ini. Tidak ada seorang pun di sini kecuali aku dan beliau.” 
Kemudian Abu Hurairah kembali tersedu-sedu, lalu sadar dan mengusap wajahnya. Lalu berkata, “Akan aku ceritakan kepadamu sebuah hadits yang Rasulullah yang mengatakannya padaku di rumah ini. Tidak ada seorang pun di sini kecuali aku dan beliau.” Kemudian Abu Hurairah kembali tersedu-sedu, lalu sadar dan mengusap wajahnya. Lalu berkata, “Akan aku lakukan. Akan aku ceritakan kepadamu sebuah hadits yang Rasulullah yang mengatakannya padaku di rumah ini. Tidak ada seorang pun di sini kecuali aku dan beliau.”

Abu Hurairah kembali tersedu-sedu dengan sangat hebat. Kamudian ia condong mau rubuh ke depan. Sufayi menyandarkan Abu Hurairah pada dirinya lama sekali. Kemudian ia tersadar lalu berkata, “Rasulullah bercerita kepadaku bahwa Allah pada Hari Kiamat turun menemui hamba-hamba-Nya untuk mengadili mereka. Setiap umat berlutut. Yang pertama kali dipanggil adalah orang yang hafal Al-Qur’an, orang yang terbunuh dalam perang di jalan Allah, dan orang yang banyak hartanya. Allah lalu berkata kepada si qari’ (pembaca Al-Qur’an), ‘Bukankah Aku telah mengajarimu apa yang aku turunkan pada rasul-Ku?’ Si qari’ menjawab, ‘Ya benar, Tuhanku.’ Allah lalu bertanya, ‘Apa yang kau lakukan dengan apa yang aku ajarkan?’ Ia menjawab, ‘Aku mendirikan shalat dengannya di tengah malam dan siang.’ Allah seketika berkata kepadanya, ‘Kau dusta!’ Malaikat juga berkata kepadanya, ‘Kau dusta!’ Allah berkata, ‘Tetapi, kamu ingin agar dikatakan si fulan seorang qari’ dan hal itu telah dikatakan.’

Lalu didatangkanlah pemilik harta. Allah berkata kepadanya, ‘Bukankah telah Aku luaskan rezekimu sampai Aku tidak membiarkanmu butuh pada orang lain?’ Ia menjawab, ‘Ya benar, Tuhanku.’ Allah bertanya, ‘Apa yang kamu perbuat dengan apa yang aku berikan kepadamu?’ Ia menjawab, ‘Aku menyambung tali silaturahmi dan bersedekah.’ Allah berkata kepadanya, ‘Kau dusta!’ Malaikat berkata kepadanya, ‘Kau dusta!’ Allah berkata, ‘Tetapi, kamu ingin agar dikatakan si fulan orang yang dermawan dan hal itu telah dikatakan.’

Lalu didatangkanlah orang yang terbunuh di jalan Allah. Allah berkata kepadanya, ‘Kenapa kau terbunuh?’ Ia menjawab, ‘Engkau memerintahkan jihad fi sabilillah, maka aku berperang sampai terbunuh.’ Allah berkata kepadanya, ‘Kau dusta!’ Malaikat berkata kepadanya, ‘Kau dusta!’ Allah berkata, ‘Tetapi, kamu ingin agar dikatakan si fulan pemberani dan hal itu telah dikatakan.’ Rasulullah lalu menepuk kedua lututku dan bersabda, ‘Wahai Abu Hurairah, tiga orang itu adalah makhluk Allah yang pertama kali digunakan untuk menyalakan neraka pada Hari Kiamat.’




0 komentar:

Posting Komentar

PROMO BUKU

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...