MUSLIMAH

Menuju Insan yang Shalihah

This is default featured post 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

MUTIARA DAKWAH

This is default featured post 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

7 April 2012

Keutamaan Ilmu Aisyah


Zaman tidak akan pernah melupakan keagungan Aisyah keutamaannya tidak terhitung, ilmunya banyak, sehingga Imam Hakim berkata: "Seperempat hukum syariat Islam diambil dari Aisyah."

Dan dengarkanlah persaksian para ulama di zamannya:
Berkata Abu Musa al-Asy'ari: "Tidaklah para sahabat Rosululloh kesulitan tentang sebuah masalah, lalu mereka bertanya kepada Aisyah, kecuali pasti akan menemukan solusinya."

Berkata Masruq: "Saya melihat pembesar sahabat Rosululloh bertanya kepada beliau tentang faro'idl."

Berkata Urawah bin Zubair: "Saya tidak melihat orang yang lebih mengetahui tentang ilmu agama, kedokteran dan sya'ir melebihi Aisyah."

Berkata Ibnu Abdil Barr: "Aisyah adalah orang nomor satu pada zamannya dalam tiga ilmu: ilmu agama, kedokteran, dan sya'ir."

Pernah suatu ketika, Urwah bin Zubair berkata kepada Aisyah: "Wahai ibuku, saya tidak heran dengan ilmu agamamu, saya akan katakan bahwa engkau adalah istri Rosululloh , dan putri Abu Bakar. Dan saya juga tidak heran dengan ilmumu tentang sya'ir dan sejarah bangsa Arab, akan saya katakan bahwa engkau adalah putri Abu Bakar yang merupakan orang yang paling tahu tentang itu semua, namun yang saya heran adalah ilmumu tentang kedokteran, dari mana engkau mendapatkannya?" 

Maka Aisyah menepuk pundaknya dan berkata: "Wahai Urwah, pada akhir hayatnya, Rasulullah sakit keras dan banyak sekali utusan dari berbagai kabilah Arab yang mengunjunginya, lalu mereka memberikan resep pada beliau dan sayalah yang mengurusi itu semua, maka dari situlah saya mendapatkan ilmu kedokteran."


Sumber:
Tulisan Ustadz Ahmad Sabiq bin Abdul Lathif Abu Yusu dalam Majalah Al-Furqon Gresik, Ed 12 Th ke-6, 1428/2007 (Ebook oleh www.ibnumajjah.wordpress.com)


0 komentar:

Posting Komentar

PROMO BUKU

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...